KAPITA SELEKTA
KAMIS, 22 September 2016
TUGAS 4 - KELAS C
CRISTINA MARGARETTA (9125120128)
YOVINA SUSANTI SUHANDRI (915120035)
Dimana pun kita berada pasti ada
iklan yang terdapat dimana saja, seperti dijalanan, mall, kantor, bahkan di
lift sekalipun terkadang mereka memasang iklan. Saat kita membuka website
tertentu saja kita masih dapat melihat iklan bermunculan.
Dalam pengertian umum, iklan adalah sarana bagi upaya menawarkan
barang atau jasa kepada khalayak ramai. Iklan adalah berita pesanan untuk
mendorong dan membujuk orang agar tertarik pada barang atau jasa yang
ditawarkan.
Pengertian iklan adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena
seiring berkembangnya jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai
macam ragam bentuk dan model iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat
saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri.
Pengertian iklan juga perlu kita pahami agar kita bisa lebih
professional dalam setiap kita melakukan psang iklan. Dengan mengetahui
pengertian iklan maka kita akan bisa menempatkan iklan pada tempatnya.
Mungkin anda sudah sering mendengar kata iklan bahkan mungkin
sudah bosan sekali berhubungan dengan yang namanya iklan. Tapi itulah kenyataan
yang harus kita hadapi dalam perkembangan dunia bisnis dan system pemasaran
produk barang atau jasa, karena tanpa bantuan iklan akan kesulitan sekali dalam
melakukan proses manajemen pemasaran demi kelangsungan pemenuhan kebutuhan dan
kepuasan masyarakat. Pengertian iklan sebenarnya bukan hal yang sulit di pahami
dan kita semua bisa mendefinisikan iklan sesuai keadaan iklan yag kita jumpai
berdasarkan pengertian yang kita anggap itu cocok.
Ada banyak sekali pengertian iklan baik di kemukakan oleh orang
biasa maupun para ahli, diantaranya pengertian iklan :
Pengertian iklan adalah “ kegiatan memberitahukan atau
menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online
maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran,
majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.
Pengertian iklan juga sering di katakan sebagai sarana untuk
menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai.
Sedangkan pengertian iklan menurut para Ahli :
Pengertian Iklan Menurut Courtland L. Bovee : ” Iklan adalah
komunikasi nonpersonal informasi biasanya dibayar dan biasanya persuasif di
alam tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor diidentifikasi melalui berbagai
media.” (Bovee, 1992, hal 7.).
Pengertian Iklan Menurut : Kotler (2002:658), periklanan
didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara
nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali (1992:21), secara
sederhana iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang
ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media.
Pengertian Iklan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : “berita
atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang
dan jasa yang ditawarkan.”
Pembagian secara umum, teoritik menurut Bittner ada dua jenis
Iklan, yaitu:
·
Iklan Standar, yaitu iklan
yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa,
pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan
·
Iklan Layanan Masyarakat,
yaitu iklan yang bersifat non profit dan berupaya memperoleh keuntungan sosial
dalam masyarakat
Sementara itu menurut Frank Jefkins secara garis besar iklan dapat
digolongkan menjadi tujuh kategori pokok, antara lain:
·
Iklan Konsumen
Iklan yang mempromosilan
produk-produk konsumsi yang umum dibeli oleh masyarakat
·
Iklan Antarbisnis
Iklan yang mempromosikan
barang-barang dan jasa non konsumen. Artinya baik pemasang maupun sasaran iklan
sama-sama perusahaan
·
Iklan Perdagangan
Iklan yang secara khusus
ditujukan kepada kalangan distributor, pedagang besar, agen, dll
·
Iklan Eceran
Iklan-iklan yang dibuat dan
disebarluaskan oleh pihak pemasok/perusahaan dan dilancarkan oleh pihak
pengecer
·
Iklan Keuangan
Meliputi iklan-iklan untuk
bank, jasa tabungan, asuransi, dan investasi. Sebagai pelengkap terkadang
disertakan juga laporan keuangan perusahaan
·
Iklan Langsung
Iklan yang menggunakan medium pos (direct mail)
·
Iklan Lowongan Kerja
Iklan yang bertujuan merekrut calon pegawai atau pekerja
Berdasarkan Wujud Produk yang Diiklankan, dapat dibedakan dalam
tiga jenis, antara lain :
1.
Iklan Barang yaitu iklan
dimana produk yang ditawarkan berupa barang nyata/berwujud.
2.
Iklan Jasa, iklan dimana
pesan yang disampaikan berisi informasi dan tawaran tentang layanan jasa
tertentu.
Iklan Barang-jasa, iklan
yang menawarkan produk barang maupun jasa sekaligus.
PERGESERAN FUNGSI IKLAN
·
Iklan tidak hanya sekedar
bertujuan menawarkan dan mempengaruhi calon konsumen untuk membeli suatu
produk. Akan tetapi lebih dari itu, iklan turut berpengaruh dalam membentuk
system nilai, gaya hidup maupun selera budaya tertentu.
·
Iklan tidak hanya
memvisualisasikan kualitas dan atribut dari produk yang harus dijualnya, tetapi
mencoba membuat berguna sesuatu dan ciri produk tersebut mempunyai arti sesuatu
bagi kita.
Memahami iklan dengan konsep kekerasan simbolik Bourdieu :
·
Bagi Bourdieu, seluruh
tingkatan pedagogis (tindakan) baik itu yang diselenggarakan di rumah, sekolah,
modia atau dimanapun memiliki muatan kekerasan simbolik selama pelaku memiliki
kuasa dalam menentukan system nilai atas pelaku lainnya, sebuah kekasaan yang
berakar pada relasi kuasa antara kelas-kelas dan atau kelompok-kelompok sosial
dalam masyarakat.
Contoh: tanpa sadar kita
menerima apa yang dikatakan oleh orang tua, guru, teman dan bahkan media
(iklan).
·
Diasumsikan bahwa media dan
iklan merupakan sarana yang digunakan untuk melakukan tindakan pedagogis dari
kelas/kelompok sosial tertentu.
·
Arena iklan tidak hanya
menjadi ajang konsentrasi image simbolik produk yang ingin dipasarkan namun
juga image simbolik realitas sosial secara luas.
·
Iklan menjadi sebuah mesin
kekerasan simbolik yang bisa menciptakan system kategorisasi, klasifikasi, dan
definisi sosial tertentu sesuai kepentingan kelas/kelompok dominan.
·
Image-image simbolik yang
diproduksi iklan seperti misalnya kebohongan, keharmonisan, kecantikan,
kejantanan, gaya hidup modern pada dasarnya merupakan system nilai yang
dimiliki kelas satu atau kelompok dominan yang diedukasi dan ditanamkan pada
suatu kelompok masyarakat tertentu.
·
Proses penanaman nilai
melalui iklan dapat membentuk habitus tentang system nilai tersebut. Sehingga
iklan tidak hanya menciptakan subjek yang dapat meregulasi diri terkait
konsumsi produk namun juga subjek yang dapat merugalasi diri terkait
klasifikasi dunia social, disini kemudian terjadilah kekerasan simbolik.
·
Image-image yang diproduksi
iklan adalah tindakan pedagogis yang dapat memaksakan secara halus nilai-nilai,
standar-standar dan selera kebudayaan kepada masyarakat atau sekurang-kurangnya
memantapkan preferensi kebudayaan mereka sebagai standar dari apa yang dianggap
tertinggi, terbaik dan paling abash. Dominasi kelas terjadi tatkala
pengetahuan, gaya hidup selera, penilain, estetika dan tata cara social dari
kelas yang dominan menjadi abash dan dominan secara social.
Contoh Iklan
Iklan WRP merupkan iklan yang memiliki tujuan
untuk mengubah persepsi masyarakat tentang tidak semua susu dapat menabah berat
bedan. Tetapi ada juga susu yang membuat badan kita lebih langsing atau dapat
membuat berat badan kita menjadi ideal. Iklan tersebut membuat masyarakat
mengubah cara pandang persepsi tersebut agar wanita dapat dengan mudah
mendapatkan badan ideal nya dengan susu tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar